Pengertian Administrasi
Pengertian Administrasi adalah rangkaian kegiatan perbuatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentu dapat dicakup dengan satu istilah yaitu administrasi yang dalam bahasa Inggris disebut administration.
Dari uraian di atas kita dapat menarik kesimpulan tentang Administrasi. Yaitu sebagai ilmu dan seni.
- Pengertian dari Administrasi menurut “Ilmu” adalah suatu ilmu yang mempelajari aktivitas manusia yang bersifat kooperatif dan bagaimana cara-cara merealisasikannya yang terkumpul secaras sistemasi.
- Sedangkan pengertian Administrasi sebagai “Seni” adalahmerupakan proses kegiatan yang perlu dikembangkansecara kontinu, agar administrasi sebagai suatu cara untukmencapai tujuan yang benar-benar dapat memberi peranan yang diharapkan.
Pengertian sempit dan luas dari Administrasi adalah: Administrasi dalam arti sempit, yaitu berasal dari kata “administratie” (bahasa Belanda) yang meliputi kegiatan: Catat-mencatat, surat menyurat, pembukuan ringan, ketikmengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan
Administrasi dalam arti luas, yaitu dari kata “administration” (bahasa Inggris), merupakan kegiatan dari pada kelompok yang mengadakan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Artinya:
1. Adanya kelompok manusia (2 orang atau lebih)
2. Adanya kerjasama dari kelompok tersebut
3. Adanya bimbingan, kepemimpinan, dan pengawasan
4. Adanya tujuan kelompok
5. Adanya pemanfaatan berbagai sumber
Perkembangan Ilmu Administrasi
Perkembangan administrasi, sejak lahirnya tahun 1886 sampai sekarang telah menjalani empat masa, yaitu:
1. Masa pertama disebut survival period (1886-1930).Tahun 1886 sering disebut sebagai “tahun” lahirnya ilmu administrasi
2. Masa kedua disebut consolidation and completionperiod (1930-1945).
3. Masa ketiga disebut human relations period (1945-1959).
4. Masa keempat disebut behavioral period (1959-sekarang).
The Liang Gie merinci Ilmu Administrasi dari dua sudut yaitu:
Berdasarkan unsur-unsur administrasi:
1. Ilmu Administrasi.
2. Ilmu Management.
3. Ilmu Komunikasi.
4. Ilmu Adm.epegawaian.
5. Ilmu Adm. Keuangan.
6. Ilmu Adm.Perbankan.
7. Ilmu Tata Usaha.
8. Ilmu Hub.Masyarakat
Administrasi menurut lingkungan, suasana dan tujuan.
1. Ilmu Adm. Negara (Adm.Kepolisian, militer,pengadilan dan sebagainya)
2. Ilmu Adm. Perusahaan (Adm. Penjualan,Periklanan. Kepasaran, dsb)
3. Ilmu Adm. Sosial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar